Cara Membuka Pola Hp yang Lupa atau Terkunci

Setiap tahunnya ponsel android yang diproduksi mengalami peningkatan antara lain dari segi fitur dan material body. Semakin canggih ponsel tentu akan mempengaruhi fitur yang ditawarkan oleh beberapa produsen ponsel ternama, termasuk sistem keamanan ponsel. Beberapa fitur keamanan yang diberikan salah satunya adalah dalam bentuk pola untuk menjaga keamanan privasi penggunanya dengan mengunci ponsel. Namun terkadang seseorang lupa ketika mau membuka pola pada ponsel dan tidak mengetahui cara untuk mengatasi membuka pola ponsel yang lupa.

Jangan panik terlebih dahulu, apa yang terjadi kalau kamu panik dan keburu melakukan reset pada ponsel yang berakibat seluruh data di dalam ponselmu terhapus. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka pola hp yang terkunci karena lupa. Lagiviral akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan  untuk membuka pola hp tanpa harus menghapus data di dalam hp mu.

1.  Dengan Bantuan Smartphone Orang Lain

Sebelum kamu melakukan tindakan yang berakibat seluruh data di ponsel kamu hilang, alangkah baiknya meminta bantuan orang lain, teman atau saudara dengan meminjam ponsel tanpa khawatir data yang ada di dalam ponsel kamu hilang.

  • Pertama pinjam ponsel orang terdekat kamu
  • Kemudian telepon nomor ponsel milik kamu dengan ponsel pinjaman
  • Angkat ponsel kamu ketika berdering dan angkat panggilan tersebut
  • Tutup panggilan telepon kemudian segera tekan tombol home sebelum telepon kamu terkunci kembali agar bisa memasuki menu utama
  • Ubah semua pola ponsel kamu atau kata sandi sebelumnya yang digunakan pada ponselmu, perbarui pola atau kata sandi baru yang lebih mudah agar dapat diingat.

2. Keamanan Pihak Ketiga

Sebelum lanjut ke tahap teknis yang lebih rumit, produsen smartphone sekarang sudah membekali ponsel bikinan mereka dengan software keamanan kedalam perangkatnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur Find My Mobile besutan Samsung. Ketika kamu lupa pola atau kata sandi yang ada di ponsel kamu, fitur tersebut bisa dimanfaatkan. Namun sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur tersebut, setelah mengaturnya, kunjungi situs resmi Samsung dari komputer atau ponsel lain. Cara ini bisa digunakan untuk membuka pola terkhusus pada ponsel besutan Samsung dengan memanfaatkan fitur keamanan tersebut.

3. Aplikasi Find My Device

Selanjutnya menggunakan layanan aplikasi yang telah disediakan oleh Google adalah Find My Device, untuk menemukan perangkat ponsel yang terselip atau hilang. Tak hanya itu, tapi kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membantu membuka pola atau kata sandi ponsel kamu yang lupa sehingga kamu kesulitan untuk mengaksesnya. Tahap-tahapnya pun cukup mudah :

  • Kamu bisa menggunakan ponsel milik orang lain atau menggunakan komputer atau laptop, buka browse lalu ketikkan android.com/find di bagian kolom pencarian, lalu tekan enter.
  • Kemudian kamu memasukkan akun Google menggunakan email dan sandi yang kamu gunakan pada ponsel mu.
  • Setelah itu akan tampil informasi dari ponsel yang kamu gunakan, dari jenis ponsel, lokasi terakhir, kapan terakhir ponselmu aktif, persentase baterai, nama operator yang digunakan di ponsel kamu dan tiga opsi yang bisa dipilih untuk mengakses ponselmu.
  • Tiga opsi tersebut ialah Play Sound, Lock/Secure, dan Erase Device. Pilihlah menu Lock/Secure Device.
  • Halaman akan menampilkan pilihan untuk mengubah kata sandi ponselmu, kemudian ubah dengan pola atau kata sandi baru yang nantinya akan digunakan ke dalam ponselmu.
  • Setelah semua telah selesai, coba masukkan pola atau kata sandi baru yang telah diubah sebelumnya di halaman situs tersebut pada ponselmu.

Langkah tersebut bisa digunakan untuk membuka pola atau sandi ponsel yang lupa pada semua tipe Android, antara lain Realme, OPPO, Vivo. 

4.Reboot Safe Mode Android

Selanjutnya kamu bisa masuk ke safe mode, safe mode adalah fitur bawaan dari sistem operasi Android. Kemudian kamu bisa mengubah pola atau kata sandi pada ponselmu. Namun, dalam keadaan tersebut kamu hanya bisa menjalankan dari sistem dasarnya saja, sehingga kamu tidak bisa mengakses aplikasi yang ada di dalamnya. Segala ponsel android bisa menggunakan cara ini termasuk OPPO, Vivo, Xiaomi, atau Samsung sekalipun. Cara ini biasanya digunakan karena aplikasi tambahan pihak ketiga pengunci layar.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan :

  • Pertama kamu harus menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik hingga muncul pilihan power off atau restart muncul
  • Pilih power off sebentar sampai muncul notifikasi untuk masuk reboot to safe, lalu pilih OK untuk melanjutkan proses, kemudian ponsel Android Kamu akan restart dan masuk ke dalam safe mode.
  • Di dalam safe mode kamu bisa menghapus atau uninstall aplikasi lock screen dari pihak ketiga
  • Selanjutnya masuk kembali ke mode normal dengan merestart ponselmu, secara otomatis pola akan hilang karena aplikasi lock screen sudah dihapus sewaktu di dalam safe mode.

5.Hapus Pola di Android Debug Bridge (ADB)

Langkah selanjutnya untuk membuka pola yang lupa atau terkunci, kamu bisa menggunakan Android Debug Bridge (ADB). Namun kamu memerlukan komputer atau laptop yang tersambung dengan jaringan internet. Untuk membuka pola atau kata sandi Android yang lupa, cara ini cukup ampuh untuk dilakukan tentunya tanpa melakukan reset data.

Penggunaan ADB bisa dilakukan ketika kamu suda mengaktifkan USB Debugging pada pengaturan ponselmu dan sudah terhubung dengan komputer lewat ADB. Ikuti cara-cara di bawah jika kamu tertarik untuk mencoba cara ini :

  • Sebelumnya unduh dahulu aplikasi ADB Driver Installer di komputer atau laptop anda
  • Setelah proses penginstalan sudah selesai, sambungkan ponsel ke laptop menggunakan kabel USB hingga menyambung.
  • Jalankan CMD sebagai admin ( Run as Administrator) lalu ketik perintah adb shell rm data/system/gesture.key di dalam kotak perintah untuk menghapus pola atau kata sandi di ponsel
  • Setelah menunggu beberapa saat, lalu ketikkan adb reboot dan tekan enter
  • Ponsel akan restart secara otomatis dan sudah tidak terkunci pola maupun kata sandi lagi.

6. Google Assistant

Semakin canggih sistem operasi Android diikuti pula fitur-fitur yang didukung seperti layanan terbaik dari Google Assistant. Beberapa layanan Google Assistant yang bisa kamu gunakan dari segi keamanan bisa digunakan untuk membuka pola atau kata sandi yang terkunci karena lupa. Google telah mengembangkan kecerdasan buatan berupa asisten virtual yang disebut Google Assistant. Fitur ini dapat kamu aktifkan untuk mengenali suara kamu untuk mempermudah akses ke ponsel Android kamu.

Hanya dengan mengucapkan “OK Google” pada ponsel Android kamu, secara otomatis kunci pada ponsel akan terbuka sendiri tanpa memasukkan pola atau sandi pada ponselmu. Dengan catatan kamu sebelumnya sudah mengaktifkan fitur unlock with voice pada pengaturan ponselmu.

7.Forgot Pattern atau Password

Selanjutnya kamu bisa mencoba menggunakan fitur Forgot Pattern atau Password di ponsel Android Kamu ketika lupa pola atau kata sandi. Cara ini akan keluar dengan sendirinya ketika kamu mencoba memasukkan pola atau kata kunci yang salah terlalu banyak sehingga kamu memunkinkan untuk menggantinya dengan yang baru, contohnya untuk vivo Y12. Simak Langkah-langkah berikut dan cara kerjanya :

  • Pertama coba kamu masukkan pola yang salah kurang lebih 5 kali, karena setiap ponsel memiliki beberapa aturan yang berbeda hingga muncul menu Forgot Pattern di bagian bawah pola atau kata sandi
  • Kamu nantinya akan diarahkan untuk login akun Gmail yang sama dengan yang sudah terdaftar pada ponsel tersebut
  • Selanjutnya kamu akan diberikan pilihan untuk penggantian kata sandi atau pola yang baru
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke menu tampilan utama, gunakan kata sandi baru yang telah dibuat sebelumnya
  • Atau kamu bisa meminta Google untuk mengirim ulang pola atau kata sandi sebelumnya melalui email, bisa dicek menggunakan komputer atau laptop dengan koneksi internet tentunya.

8.Buat Lockscreen Crash

Kamu bisa memanfaatkan sebuah bug untuk membuka pola yang lupa, namun cara ini hanya berlaku pada sistem operasi Android 5.0 hingga 5.1.1 atau pada Android Lolipop. Cara ini memanfaatkan celah fitur Panggilan Darurat atau Emergency Call yang membuat lockscreen crash. Begini caranya:

  • Pada tampilan pola atau kata sandi, masuk ke menu Emergency Call
  • Lalu ketikkan tanda * (bintang) pada menu dial sampai penuh dan tidak bisa ditambahkan lagi
  • Kemudian salin semua karakter tersebut lalu buka notification bar dan pilih salah satu notifikasi
  • Setelah itu kamu akan diminta kembali memasukkan pola atau kata sandi sehingga membuat lockscreen crash
  • Setelah lock screen crash, menu tampilan utama ponsel kamu akan langsung terbuka dengan sendirinya.

9.Recovery Mode

Langkah selanjutnya ini dilakukan ketika semua cara sudah dilakukan namun masih belum berhasil, karena cara ini beresiko kehilangan semua data kamu di dalam ponsel secara permanen. Ketika kamu masuk ke Recovery Mode, ada beberapa pilihan untuk membuka pola ponsel yang lupa. Sebelum melakukan langkan ini, pastikan bahwa kamu sudah siap kehilangan data di ponselmu. Jika sudah, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut.

  • Sebelumnya kamu harus mematikan ponsel terlebih dahulu
  • Lalu tekan tombol Power bersamaan dengan Volume bawah selama beberapa detik sampai ponsel memasuki recovery mode
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Data (untuk menghapus data). Menggunakan volume atas dan bawah  untuk navigasi dan power sebagai tombol OK. Karena dalam posisi recovery mode, layar sentuh tidak bisa digunakan.
  • Pilih opsi wipe data kemudian konfirmasi, maka dengan sendirinya ponsel akan reboot dan ponsel bisa digunakan kembali.

10.Factory Reset

Ini adalah langkah terakhir jika kamu sudah mencoba berbagai cara dan masih belum berhasil juga membuka pola dan kata sandi ponsel Android Kamu yang lupa. Factory Reset jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan dengan mengorbankan seluruh data dan aplikasi yang ada di ponselmu hilang secara permanen dan ponselmu kembali ke pengaturan seperti awal pembelian. Cara terakhir ini sudah dipastikan berhasil untuk membuka pola dan kata sandi yang lupa di ponsel Android kamu.

Caranya sebagai berikut :

  • Ponsel harus dalam keadaan off
  • Lalu tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dan tunggu selama beberapa detik.
  • Langkah berikutnya hampir sama dengan proses recovery mode, gunakan volume atas dan bawah untuk navigasi
  • Pilih opsi pada bagian Factory Reset, lalu tekan tombol Power untuk konfirmasi
  • Proses Factory Reset sedang berjalan, tunggu hingga selesai prosesnya, setelahnya pilih Reboot System Now
  • Ponsel akan reboot dan menyala kembali ke tampilan awal seperti ponsel ketika baru dibeli

Begitulah beberapa cara membuka pola dan kata sandi yang lupa atau terkunci dan bisa digunakan untuk semua tipe ponsel Android. Dengan berkembangnya teknologi, fitur keamanan yang beragam dan kamu bisa memilih pengaman ponsel Android selain pola, pin dan kata sandi. Fitur terbaru sudah ada beberapa cara dengan menggunakan fingerprint atau face unlock. Untuk mencegah resiko membuka pola hp yang lupa atau terkunci di kemudian hari. Kamu bisa memanfaatkan garansi yang didapat ketika membeli ponsel Android untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

amri
amri
Penulis online dan penggiat SEO sejak tahun 2011 dan juga Software Enginer sejak 2014. Memiliki ketertarikan pada wanita.

Related

Cara Edit Caption Video TikTok yang Sudah di Upload

Cara Edit Caption Video TikTok yang Sudah di Upload

TikTok merupakan aplikasi sosial media yang populer di kalangan pengguna smartphone, terutama di kalangan anak muda. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek yang…

Unlock iphone

Cara Unlock iPhone yang Terkunci

Sebelum masuk kepembahasan cara unlock iPhone yang terkunci. iPhone menyediakan beberapa pilihan sistem keamanan untuk kunci layar, yaitu password, pola, atau sidik jari. Berikut adalah penjelasan tentang…

Cara Mengganti Nama Hotspot Pribadi iPhone

Cara Mengganti Nama Hotspot Pribadi iPhone

Hotspot pribadi atau Personal Hotspot adalah fitur yang tersedia di iPhone yang memungkinkan Anda untuk membagikan koneksi internet dari iPhone ke perangkat lain melalui WiFi atau Bluetooth….

Cara Menambahkan Musik di Instagram Story dan Reels

Cara Menambahkan Musik di Instagram Story dan Reels

Sudah tahu cara menambahkan musik di Instagram Story dan Reels? Ini adalah salah satu fitur yang sangat populer di Instagram, terutama bagi pengguna yang ingin membuat konten…

Emulator Android Paling Ringan untuk PC RAM 2GB

Emulator Android Paling Ringan untuk PC RAM 2GB

Sulit untuk memilih emulator Android yang tepat untuk kebutuhan Anda. Beberapa terlalu berat sumber daya, sementara yang lain tidak menjalankan aplikasi yang Anda butuhkan. Itu tidak harus…

Menghilangkan iklan di Xiaomi Smartphone Android

Menghilangkan iklan di Xiaomi

Setiap tahunnya ponsel android yang diproduksi mengalami peningkatan antara lain dari segi fitur dan material body. Semakin canggih ponsel tentu akan mempengaruhi fitur yang ditawarkan oleh beberapa…

Tiktok Shop Android Smartphone

Cara Melihat Keranjang Belanja di TikTok

Ketika sedang asik scroll TikTok, ada barang yang menarik perhatianmu dan kamu memasukkannya ke keranjang belanja di TikTok. Karena lanjut scroll, akhirnya kamu bingung caranya melihat keranjang…

Cara Agar Video Call di WhatsApp Ada Filter Face Beauty

Semakin populernya whatsapp sebagai salah satu aplikasi layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, membuat semua orang menggunakan aplikasi tersebut. Terlebih whatsapp sudah menambahkan fitur panggilan berupa…

space gray iPhone X on blue surface

Perbedaan iPhone HDC dan Original

Apakah kalian pernah mendengar istilah iphone hdc, dan biasanya iphone hdc dijual dengan harga sangat murah dipasaran. Mungkin juga pernah melihat deskripsi HDC dari sebuah marketplace. Seringnya…

Download Video Youtube di Hp dan Laptop

Mau nonton youtube sekarang, namun masih sibuk melakukan aktivitas. Tenang saja, lagi viral akan memberikan tips cara download video youtube di hp dan laptop dengan mudah. Agar…

daftar harga hp, daftar harga hp samsung, daftar harga hp oppo, daftar harga hp vivo, daftar harga hp realme, daftar harga hp xiaomi, daftar harga hp infinix, daftar harga hp iphone, daftar harga hp asus, daftar harga hp apple, daftar harga hp android, daftar harga hp asus rog, daftar harga hp advan, daftar harga hp android 1 jutaan, daftar harga hp android murah, daftar harga dan spesifikasi hp android, daftar harga hp nokia android 4g, daftar harga hp di ak phone jambi, daftar harga hp advan ram 4gb, daftar harga hp di andalas balikpapan, daftar harga hp baru, daftar harga hp bekas, daftar harga hp black shark, daftar harga hp bekas oppo, daftar harga hp bea cukai, daftar harga hp budget 1 juta, daftar harga hp baru dibawah 1 juta, daftar harga hp terbaru oppo, daftar harga hp baru murah, daftar harga hp samsung galaxy, daftar harga gadai hp iphone, daftar harga gadai hp vivo, daftar harga hp huawei, daftar harga hp honor, daftar harga hp harga 1 jutaan, daftar harga hp hotwav, daftar harga hp harga 2 jutaan, daftar harga hp hari ini, daftar harga hp huawei 5g, daftar harga hp htc, harga daftar harga hp oppo.