Cara Meningkatkan Performa Android Tanpa Aplikasi

Indonesia merupakan Negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki jumlah konsumsi smartphone terbanyak. Hampir 7,8 % jumlah konsumsi smartphone di kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia. Dengan presentase tersebut, maka hampir 600 juta unit smartphone habis terjual untuk kuartal pertama saja. Melihat jumlah yang fantastis tersebut, maka bisa diartikan bahwa masyarakat Indonesia sangat haus akan teknologi. Namun, ternyata banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak mengerti, dan mengeluhkan smartphone yang dibelinya memiliki performa lamban atau lemot. Dan berikut ini cara meningkatkan performa Android tanpa aplikasi:

Meningkatkan performa Android
Photo by Daniel Romero

Minimalkan Penggunaan Aplikasi

Smartphone berbasis Android memang memiliki kemampuan untuk melakukan multi tasking. Yang dimaksud multi tasking disini ialah smartphone Android mampu untuk membuka lebih dari satu macam aplikasi pada waktu yang bersamaan. Apabila jumlah RAM yang ada cukup besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah, namun apabila RAM yang ada kecil maka bisa membuat performansi menjadi lamban atau lemot. Jadi, alangkah baiknya hanya untuk membuka aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

Matikan Data Sinkronisasi

Salah satu fitur khas yang dimiliki oleh smartphone Android adalah sinkronisasi. Perlakukan sinkronisasi ini sangat bermanfaat untuk menyesuaikan alamat email beserta traffic akun, nomor kontak, image, video, dan akun sosial media. Sinkronisasi ini memerlukan waktu dan kapasitas ROM yang cukup besar, sehingga apabila ketersediaan ROM kecil maka performance smartphone akan lambat. Jadi, cara meningkatkan performa Andorid tanpa aplikasi berikutnya matikan jalur sinkronisasi agar performance smartphone Android bisa tetap terjaga.

Matikan Live Wallpaper

Cara meningkatkan performa Android tanpa aplikasi yang berikutnya ialah dengan mematikan live wallpaper. Banyak orang yang menggunakan live wallpaper dengan tujuan untuk lebih mempercantik tampilan dari smartphone Android. Tetapi penggunaan live wallpaper tersebut memerlukan kapasitas RAM yang cukup besar. Dengan seiring waktu, kapasitas RAM akan terus berkurang. Dan dengan semakin berkurangnya kapasitas RAM, maka performa pada smartphone Android akan mengalami penurunan, dan pelambatan atau bahkan bisa sampai terjadi booth loop.

amri
amri
Penulis online dan penggiat SEO sejak tahun 2011 dan juga Software Enginer sejak 2014. Memiliki ketertarikan pada wanita.

Related

Cara mengatasi lemot

4 Cara Mengatasi Android Lemot

Sebagian besar orang pasti sudah mengenai Android. Android itu sendiri merupakan sebuah nama platform dari smartphone yang kini banyak disukai. Alasan mengapa android sangat digemari tentu saja…

daftar harga hp, daftar harga hp samsung, daftar harga hp oppo, daftar harga hp vivo, daftar harga hp realme, daftar harga hp xiaomi, daftar harga hp infinix, daftar harga hp iphone, daftar harga hp asus, daftar harga hp apple, daftar harga hp android, daftar harga hp asus rog, daftar harga hp advan, daftar harga hp android 1 jutaan, daftar harga hp android murah, daftar harga dan spesifikasi hp android, daftar harga hp nokia android 4g, daftar harga hp di ak phone jambi, daftar harga hp advan ram 4gb, daftar harga hp di andalas balikpapan, daftar harga hp baru, daftar harga hp bekas, daftar harga hp black shark, daftar harga hp bekas oppo, daftar harga hp bea cukai, daftar harga hp budget 1 juta, daftar harga hp baru dibawah 1 juta, daftar harga hp terbaru oppo, daftar harga hp baru murah, daftar harga hp samsung galaxy, daftar harga gadai hp iphone, daftar harga gadai hp vivo, daftar harga hp huawei, daftar harga hp honor, daftar harga hp harga 1 jutaan, daftar harga hp hotwav, daftar harga hp harga 2 jutaan, daftar harga hp hari ini, daftar harga hp huawei 5g, daftar harga hp htc, harga daftar harga hp oppo.